The Beginning

Sudah sejak lama ketertarikan saya pada dunia entrepeneur ini. Sejak di bangku kuliah ketika booming bisnis wartel ( Warung Telekomunikasi ), kebetulan famili saya mempunyai usaha tersebut...iseng2 saya buka alat penghitung pulsanya...dan TERNYATA !!! seonggok minimum system Intel 8051 lengkap dengan memory, power supply dan sebagainya. Ini biasanya dibuat di lab seharga Rp 250.000 ( Sebelum krisis 1998 ) dan dijual dengan harga Rp 1.500.000,- ( pada tahun 1998 ). Gila !!! gampang bener cari duit...

Hal ini aku diskusikan dengan teman kuliahku yang notabene " berotak encer" untuk memulai proyek bisnis ini. Namun sayang...kandas...karena harus ke Jakarta...mengais rupiah atas dorongan orang tua.

Niatan bernisnis kembali muncul ketika pertama kali dipinjami sebuah buku yang cukup fenomenal waktu itu " Rich Dad Poor Dad " karangan RTK ( Robert T Kiyosaki ) . Dan alhamdulillah dengan memulai proses panjang...beberapa bisnis aku jalankan. Diantaranya :
  1. Jualan Sabun detergen, popok bayi dan pembersih lantai ( tutup )
  2. Buka rental komputer dan pengetikan ( masih jalan-- pengetikannya saja )
  3. Buka bengkel sepeda motor ( tutup )
  4. Jualan busana muslim dan baju seragam ( tutup )
  5. Buka usaha jasa IT dan jualan program/software ( jalan )
Dan beberapa kegiatan bisnis lain yang tidak terliput...dan semuanya menjadi pelajaram berharga....sebuah awal....sebuah proses


Tidak ada komentar: